Pembahasan Soal Probabilitas dan Statistika [Hipotesis]



Soal dan pembahasan mata kuliah probabilitas dan statistika materi hipotesis Fakultas Teknik. Pembahasan terlampir pada link akhir konten ini.

1. HIPOTESIS MEAN
-        
    TUNGGAL
Seorang CEO perusahaan mengatakan jumlah rata-rata laptop yang terjual sebanyak 1000 unit. Seorang kompetitornya penasaran lalu mengambil sampel selama 49 hari. Dia mendapati jumlah rata-ratanya hanya 950 unit. Menurut catatan deviasi standarnya 100 unit. Dengan tingkat kepentingan, apa kesimpulan kompetitor tersebut?

-     GANDA
Seorang pengusaha roket ingin membeli lampu untuk dipasang di pabriknya. Dari hasil pencarian di berbagai sumber, pilihan mengerucut pada lampu A dan B. Lampu jenis A rata-rata tahan 3000 hari sedangkan lampu jenis B rata-rata tahan 3150 hari. Informasi dari sumber terpercaya mengatakan bahwa lampu jenis A memiliki standar deviasi 200 jam sedangkan jenis B 180 jam. Dengan tingkat kepentingan  . Apa kesimpulan akhir dari pengusaha, apabila diambil 33 lampu jenis A dan 35 lampu jenis B sebagai sampel?

2. HIPOTESIS PROPOSISI

-      TUNGGAL
Hasil pengamatan sekelompok mahasiswa menunjukkan rata-rata mahasiswa yang tertidur di kelas sebanyak 25% dari populasi. Sampel acak diambil dan menunjukkan 55 mahasiswa dari 200 tertidur saat kuliah. Uji kebenaran hasil pengamatan dengan tingkat  !

-        GANDA
Suatu perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan ingin memasang generator pada turbin anginnya. Dari hasil analisis, dua jenis turbin angin masuk dalam kriteria. Kedua jenis generator ini diuji untuk menentukan mana yang terbaik. Data yang didapatkan perusahaan adalah generator pertama memiliki tingkat keberhasilan 13 dari 30, sedangkan generator kedua 20 dari 50. Dengan standar deviasi generator pertama adalah 5 tahun dan generator kedua 10 tahun. Jumlah sampel yang diuji sama-sama 32 generator. Manakah generator yang dipilih perusahaan dengan tingkat kepentingan  ?

3. HIPOTESIS VARIANS
-      
         TUNGGAL
Sebuah perusahaan elektronik membuat generator untuk pembangkit listrik bertenaga air. Generator dianggap berlebihan jika deviasi standar melebihi 2 ton. Suatu sampel acak yang terdiri dari 20 generator diuji dan didapatkan deviasi standar 3 ton. Dengan risiko kesalahan 5%, tentukan apakah produksi tersebut di luar kontrol?

-     GANDA
Sebuah perusahaan elektronik ingin membandingkan produknya dengan produk perusahaan lain. Jika dari perhitungan standar deviasi produksi pabrik yang membandingkan adalah 240 hari sedangkan perusahaan yang dibandingkan adalah  200 hari. Komponen elektronik perusahaan 1 dipasangkan pada 8 kompartemen dan perusahaan 2 dipasang pada 9 kompartemen. Dengan tingkat signifikan 5% apa kesimpulan yang dapat diambil?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Pergerakan Bersifat Moderat & Radikal

Pembahasan Soal Probabilitas dan Statistika [Probabilitas Populasi, Mean, dan Standar Deviasi]