Mengenal ISS (International Space Station)

Apa itu ISS?

ISS (International Space Station) merupakan stasiun luar angkasa terbesar buatan manusia yang mengorbit bumi dengan ketinggian sekitar 400 kilometer di atas permukaan bumi.

Apa kegunaan ISS?

ISS digunakan para astronot untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan antariksa, sesuatu di permukaan bumi, dll.

Dapatkah ISS dilihat dari bumi?

Ternyata ISS dapat dilihat dari bumi dengan mata telanjang. Malam hari, fajar, atau senja merupakan waktu yang tepat untuk melihat ISS. Jika dilihat dari bumi ISS tampak seperti bintang yang bergerak cepat di atas cakrawala dan merupakan cahaya paling terang ketiga di langit. NASA sebagai salah satu operator ISS menyediakan sebuah tool yang memungkinkan kita mendapatkan peringatan beberapa kali setiap bulan apabila orbit ISS sedang di dekat lokasi kita. Kunjungi website di sini untuk melihat titik point penglihatan.

Ada berapa stasiun luar angkasa saat ini?

Saat ini ada dua stasiun luar angkasa yang masih aktif, yaitu Tiangong-1 buatan china dan ISS yang merupakan kolaborasi dari berbagai negara. Sebenarnya sebelum Tiangong-1 dan ISS ada pendahulunya yang belum teralu sempurna seperti keduanya.

Sekadar Informasi

ISS terbagi menjadi dua segmen, yaitu segmen Amerika (United State Orbital Segment) dan segmen Rusia (Russian Orbital Segment). Keduanya memiliki karakterisktik tersendiri dan operator yang berbeda.


Gambar Terkait


Penampakan ISS dari bumi
earthsky.org
Dave Walker


United State Orbital Segment
wikipedia.org


Russian Orbital Segment
wikipedia.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Pergerakan Bersifat Moderat & Radikal

Pembahasan Soal Probabilitas dan Statistika [Probabilitas Populasi, Mean, dan Standar Deviasi]

Pembahasan Soal Probabilitas dan Statistika [Hipotesis]